Sang Pencerah

Sang pencerah. Sebuah film yang bercerita tentang sejarah Ahmad Dahlan or let’s say Muhammadiyah. Tapi dalam opiniku, film ini juga menceritakan bagaimana mentoleransi satu sama lain dengan prinsip dan keyakinannya masing-masing. Bagaimana Islam bisa diterima lebih Islami dalam kultur yang sudah eksis sejah bertahun-tahun silam. Bagaimana gengsi dan posisi mempengaruhi kebijaksanaan seorang pemimpin. Itulah yang ada di kepalaku.

Pada awalnya keinginan aku menonton film ini lebih kepada ingin melihat akting Mario Irwinsyah saja. Tetapi aku lupa, juga harus memalingkan kepala dan mata juga untuk akting Lukman Sardi, yang menurut aku salah satu aktor terbaik saat ini. Lukman sangat bisa menghidupkan karakter sebagai Darwis. Akting Ihsan Tarore sebagai Darwis muda juga bagus. Setiap menonton film-filmnya Lukman pasti memiliki kesan tersendiri akan perannya. Hebat.

Walaupun ada karakter-karakter yang sepertinya bermodal bintang ternama, namun secara keseluruhan film ini bagus ditonton. Pesan positif penting bisa diambil untuk bahan pembelajaran kehidupan.

So, selamat buat film Sang Pencerah. Benar-benar film Indonesia. Tonton ya! 🙂

*update: watch now on viu | vidio

Picture: IMDb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *