#POTRETKATA

Photo by Dewi Anggraeny

Beberapa waktu lalu, Aku berkesempatan menerima buku kumpulan puisi dan foto dari Penulis yang juga kakak kelas dan teman berbagi cerita, DeAnggraeny. Rasa bangga ada dalam diri ketika menerima paket yang isinya buku Potret Kata dan kit #tandarindu. Mbak Ewwi (begitu panggilan akrab), you did great job, Mbak!

Pertama kali membaca, reaksiku: Wah ini memang style-nya DeAnggraeny banget. Puisi-puisi yang mulai serius di-‘catat’-nya sejak usia 18 tahun tercetak dalam buku ini. Kalau kita baca satu persatu halaman dari kata pengantar sampai selesai, menurutku ini adalah kisah DeAnggraeny sendiri yang dia tulis dari pengalaman hidupnya tentang cinta dan kenangan.

To be honest, aku bukan ahli puisi apalagi memotret. Tapi aku menikmati banget urutan puisi ini ditampilkan. Aku kayak ikut larut sambil berimajinasi. Karena kenal dengan penulis, untuk puisi tertentu menurutku wajar kalau aku sedikit menerka dalam hati. Haha. Namun, kalian tak perlu menerka cukup dinikmati. Jika betul-betul diikuti alur dan urutan-nya, maka akan sampai di ending yang menurut aku mature dan realistis.

Foto-foto yang dipakai DeAnggraeny dalam buku-nya ini juga foto-foto perjalanan travelling-nya selama ini, mulai dari Kanada, Korea, dan lain-lain termasuk Maratua salah satu tempat yang paling disukai oleh DeAnggraeny. Menurutku foto-foto ini ikut memberi makna dalam puisi-puisi tersebut. Dan yang membuat paling menarik adalah selain ditulis dalam Bahasa Indonesia, puisi-nya di-translate dalam Bahasa Korea. Daebak.

Favorite-ku: Kepada Senja (Hal. 39). Tidak ada alasan berarti, tapi karena aku suka senja serta keterkaitan dengan pertemuan dan rindu. Menurut-ku indah aja sih dan banyak sentuhan nature dalam puisi-puisi-nya DeAnggraeny. Mungkin karena memang beliau dekat dengan alam.

“Dan perjalananku masih akan berlanjut…

Bebas lepas menuju arah ke mana kaki akan melangkah

Adakah engkau yang akan menyambut?”

  • Judul Buku: Potret Kata
  • Penulis: DeAnggraeny
  • Penerbit: PT Autory Muda Indonesia (Desember 2020)
  • Fotografer: Dewi Anggraeny
  • Penyunting: Afrissa Isty Fadillah
  • Penerjemah Bahasa Korea: Dina Maryana & Henry Pahala Pinilih

Buat kalian yang tertarik untuk order, info pemesanan dan harga bisa cek di Instaram Post Dewi Anggerany.

Leave a Reply